(BOOK REVIEW) Ilana Tan – Summer In Seoul

Novel Summer in Seoul New Cover



Genre : Drama, Romance.

Tema : Percintaan, skandal artis, kejadian masa lalu.

Tokoh Utama : Han Soon Hee (Sandy), Jung Tae Woo.

Tokoh Pendukung : Park Hyun-shik, Kang Young-Mi, Tara, Mr. Kim, Lee Jeong-Su, Bibi Chon, Mama dan Ayah Sandy, Lisa dll.

Alur yang digunakan : Alur maju dengan sebagian flashback pada cerita ketika Lisa mengalami kecelakaan saat acara fanmeeting Jung Tae Woo.

Gaya Bahasa : Novel pertama Ilana Tan yang mengantarkannya menjadi penulis mega bestseller ini menggunakan gaya bahasa yang lugas, penulis sengaja menggunakan kata ganti aku-kau karena pengaruh latar cerita. Ringan, sangat mudah dipahami meski settingnya di luar negeri. Ilana Tan juga menambahkan gaya bahasa khas Indonesia saat percakapan antara Tara dan Sandy. Namun, cara Tara bicara dalam Summer in Seoul menurut saya agak terlalu frontal jika dibandingkan dengan kepribadiannya di Autumn in Paris.

Cara Penulisan : Dari setiap novelnya, Ilana Tan memiliki cara yang dapat dihapal untuk menyampaikan cerita. Di Prolog biasanya ia memberikan potongan adegan krusial yang menjadi inti cerita, kadang ia memberi potongan lirik lagu atau quotes yang mewakili ceritanya. Hal ini merupakan caranya membuat pembaca penasaran tentang isi novelnya. Pada tiap bab, ia tak pernah memberi sub-bab berupa judul, selalu hanya berupa angka yang menunjukkan potongan bab.

Latar : Latar tempat di Korea Selatan tepatnya Seoul, seperti judul novelnya. Waktunya kisaran tahun 2007 ke atas.

Plot : Saya mencoba menelaah bagaimana cara Ilana Tan menyusun novelnya. Setelah membaca beberapa karyanya, saya mendapat kesimpulan bahwa novel-novel Ilana Tan (termasuk yang tengah kita bahas) mengandung beberapa tahapan. Perkenalan – jatuh cinta – permasalahan – klimaks – penyelesaian.

Cerita dimulai ketika Jung Tae Woo dan Sandy bertemu, Tae Woo yang memanfaatkan Sandy untuk menghapus skandal gay yang tengah menderanya, sampai akhirnya keduanya jatuh cinta. Permasalahan dimulai karena status Tae Woo yang artis ditambah masa lalu yang pernah terjadi pada Lisa-kakak Sandy, membuat keduanya dirundung dilema. Tapi akhirnya, keduanya bisa bersama di akhir.

Ilana Tan kerap kali menyuguhkan alur lambat di depan yang makin cepat seiiring bertambahnya halaman, kembali lambat di bagian akhir sampai penyelesaian.

Cara seperti ini sering kita lihat pada banyak teenfiction juga romance. Ada yang mengatakan baik, tapi akan membuat pembaca yang kritis kurang respect di awal padahal belum benar-benar tahu inti cerita sebenarnya.

Kasus dalam beberapa drama yang pernah saya tonton dan menggunakan alur lambat-cepat-lambat seringkali mendapat rating rendah meski sebenarnya keseluruhan cerita menarik. Tapi nyatanya novel ini banyak digemari kan?

Pesan yang terkandung : Novel Ilana Tan tak pernah lepas dari romansa dua manusia yang terikat oleh pertemuan ajaib yang membuat keduanya jatuh cinta. Khas romance. Ada pesan yang saya dapatkan setelah membaca novel ini.

“Jangan menjadikan masa lalu sebagai penghalang untuk melangkah saat ini.”

“Kejadian buruk bisa menimpa siapa saja, di mana saja. Banyak orang membenci orang lain yang berhubungan dengan suatu kejadian buruk yang pernah menimpa. Memaafkan adalah jalan terbaik untuk tetap bisa menjalani hidup dengan tenang dan bahagia.”

Kesan :

Dulu pertama saya membaca novel ini, kesannya benar-benar membekas sekali di hati.

Sudut Pandang yang digunakan : Sudut pandang orang ketiga. Ini memudahkan penulis untuk mengeksplor semua tokoh dengan baik.

Mengapa novel Ilana Tan banyak digemari?

Ketika novel ini pertama terbit, hallyu wave memang sedang gencar merambati masyarakat Indonesia. Novel-novel lokal berlatar luar negeri juga belum terlalu marak di pasaran, sehingga novel ini langsung melejit begitu rilis. Poin pertama tentu karena latar yang digunakan adalah Seoul, menjadikan novel ini dilirik banyak pecinta drama.

Poin kedua, tokoh Jung Tae Woo yang merupakan seorang artis menjadi poin tambahan. Yang memperkuat adalah terkenalnya drama empat musim di negeri ginseng yaitu Winter Sonata dkk (lupa judul2nya. Hehe) dan faktor ini menjadi daya tarik seakan tetralogi empat musim Ilana Tan adalah versi novel dari drama-drama tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s