(Wattpad Review) Alaric & Adara By Dyah Ayu


Sudah terbiasa bersama, sering berantem dan akhirnya akur lagi. Setelah masuk SMA Bangsa, datanglah dua orang yang ingin memisahkan Aric dan Adara.

Yang satu mengaku bahwa Adara adalah miliknya. Dan satunya mengaku bahwa Aric juga miliknya.

Kalau memang cinta, mau seberapa banyak rintangan pun mereka tidak akan pernah berpisah.

——–

​Judul : Alaric & Adara

Penulis : Dyah Ayu

Wattpad id : 123Dyahayu

Genre : Teenfiction

Published part : 14 parts

Last update : Sabtu, 01 April 2017

Rating : 5.2/10.0

Visitor : 688 reads. 445 votes. (01/04/2017)

Copyright : All Right Reserved

Review by : Dira

Untuk yang mau baca ceritanya bisa di klik di sini




Mm.. Jujur ini pertama kalinya buatku mereview cerita. Maaf apabila ada kekurangan pada hasil review-ku. Teman-teman bisa membenahi atau menambahkan jika ada yang kurang pas dengan hasil review-nya. Mari kita sama-sama belajar untuk bisa menjadi penulis yang baik^^

Aku mulai dari judul, sudah bisa kita lihat bahwa si penulis menggunakan dua nama tokoh utama pada cerita. Tentunya dalam cerita itu yang akan menjadi sorotan juga kedua tokoh, yakni Alaric dan Adara. Untuk blurb, juga sudah cukup untuk bisa mengetahui bagaimana nanti cerita berjalan. Jujur, pada bagian prolog aku kurang menemukan sesuatu yang bisa bikin greget. Karena biasanya prolog itu dibuat untuk membuat pembaca penasaran akan bagaimana nanti kelanjutan ceritanya. Mungkin penulis belum pernah merevisi ceritanya, karena di bagian prolog aku juga menemukan tanda baca yang kurang pas, ada juga dialog tag yang masih kurang tepat. Tapi prolog ini cukup easy going dengan bahasa ala anak remaja jaman sekarang.

Pada part pertama, aku menemukan kalau Alaric dan Adara berangkat sekolah dengan mobil, jujur itu sedikit berlebihan menurutku, karena sedikit kurang pantas kalau anak SMA (apalagi baru masuk kelas sepuluh) itu naik mobil ke sekolah, karena diumuran kelas sepuluh itu pasti belum punya SIM. Tapi oke-oke aja kalau emang penulisnya enak dan enjoy dengan itu, monggo.
Menurutku cerita ini klasik, konsepnya ala anak remaja banget, jadi recomended deh buat remaja yang suka sama teenfiction tentang kisah persahabatan antara laki-laki sama perempuan, yang pasti sudah pada tau kan kalau persahabatan yang kayak gitu tu pasti identik sama yang namanya Friendzone #xixixi.

Tapi cerita ini kalau dibilang friendzone ya kayaknya kurang tepat ya? Karena dari yang diceritakan itu kedua tokoh utama punya perasaan satu sama lain, ya cuma pada nggak saling tau aja, alias ditutup-tutupin, apalagi Adara yang jelas-jelas udah punya perasaan ke Alaric. Tapi perasaan si Alaric masih bimbang, apakah dia suka sama Adara apa enggak. Ya cocoklah kalau buat readers yang suka cerita baper kayak gini, apalagi ditambah sama tokoh baru yang notabene sebagai batu penghadang buat hubungan Alaric dan Adara.

Ada beberapa part yang terlalu didominasi sama dialog, jadi membuat narasinya malah jadi kurang greget sama kurang panjang, padahal bagian narasi itu yang paling menjelaskan situasi yang sedang di alami tokoh, dan bisa buat para readers jadi lebih bisa ngebayanginnya. Aku juga masih sering menemukan beberapa tanda baca yang kurang tepat, dialog tag juga begitu. Mungkin penulis bisa merevisinya kalau ada waktu senggang, atau kalau cerita sudah tamat.



Aku suka tokoh Alaric dalam cerita itu, karena dia digambarin sebagai cowok yang bisa dikategorikan sebagai incaran yang oke, udah pintar, cogan, baik lagi. Idaman deh pokoknya. Siapa juga yang nggak mau coba? Aku juga mau kok #eh?

Pada part awal-awal settingnya kebanyakan di rumah, lebih tepatnya di kamarnya Alaric. Jujur itu bikin aku rada gimana gitu, iya sih sahabatan, tapi akan lebih sopan kalau mereka di ruang tamu aja apa di ruang keluarga gitu, supaya nggak menimbulkan fitnah, wkwkk. Tapi tetep bagus kok, dibikin seenaknya kamu aja gimana, jadi biar nulisnya bisa enjoy.

Di sini sisinya Adara itu sedikit kurang hidup, gimana ya jelasinnya, pokoknya kamu harus bisa menjadi dirinya Adara, mengenal lebih dalam lagi gimana watak seorang Adara. Begitu pula sebaliknya, untuk Alaric. Kamu juga harus bisa mendalami tokohnya Alaric. Menyelami sifat masing-masing tokoh dan menjadi tokoh itu supaya bisa lebih hidup.

Di sini Adara juga kelihatan kalau dia kayak nggak punya temen di sekolah. Karena di situ kamu lebih menggambarkan Alaric yang punya banyak temen. Coba kamu bikin adegan yang di situ terdapat kedekatan antara Adara sama temen cewek di sekolahnya, jadi biar kesannya nggak flat sama adegan Alaric dan Adara aja. Padahal kamu bikin kalau Adara itu punya sifat usil, manja, sama ceroboh, tapi ternyata aku nggak begitu menemukan sifat itu pada Adara, justru aku malah menemukan kalau dia itu pendiam gitu. Jadi kamu bikin adegan yang sekiranya menggambarkan sifat Adara yang udah kamu sebutin pada bagian prolog. Kamu bisa munculin sifat Adara yang itu bukan cuma di depan Alaric, tapi bisa di depan temen ceweknya, jadi biar nanti imbang.

Pasti kalian yang baca udah tau dong konflik kehidupan apa yang ada di cerita ini? Yap, konflik kehidupannya ada di Adara, yaitu tentang keluarga. Pasti berat buat Adara yang selaku anak tunggal harus jauh dari orang tuanya yang sibuk kerja. Hayati aja nggak kuat jauh dari keluarga, wkwk. Jadi ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran juga sih menurutku.

Aku juga sedikit menemukan hal yang sinetron banget, yaitu waktu Adara yang tiba-tiba di sekap di gudang. Terus sedikit berlebihan juga waktu ada Mamanya Adara yang tiba-tiba marah karena Adara dekat sama Alaric. Tapi ya itu, se-enjoy-nya kamu aja, karena pasti imajinasinya tiap orang itu pasti beda.



Over all, ceritanya udah bagus kok. Cuma harus lebih teliti lagi soal tanda baca sama dialog tag. Coba sebelum kamu publish cerita kamu, kamu baca ulang dulu atau kamu pratinjau. Jadi kamu bisa tau letak kesalahannya di mana, apa ada sesuatu yang menurut kamu kurang, jadi bisa di edit saat itu juga. Dan saran yang terakhir, coba kamu bikin cerita kamu jadi cerita yang nggak mainstream, sedikit kamu permainin gitu, biar nggak kayak sinetron banget, jadi biar para readers kamu tambah bisa greget sama ceritanya.

Aku rasa cukup sampai di sini aja review-nya. Kalau ada suatu yang kurang berkenan mohon dimaafkan ya. Dan kalau ada yang dirasa kurang bisa di bantu untuk memperbaiki. Kalau ada kata-kata yang sekiranya bikin sakit hati, tolong jangan di masukin hati ya, karena semata-mata semua kata yang aku lontarkan di sini supaya bisa membangun semangat penulisnya untuk bisa menjadi penulis yang hebat #eaak.

Untuk penulis, salam kenal ya btw. Di sini kita sama-sama belajar, jadi kalau ada kata yang kurang berkenan di hati kamu, maafkan hayati ya. Semoga review dari aku bisa membantu kamu memperbaiki cerita kamu ya. Ceritamu keren kok btw, hehe. Semangat terus buat nulisnya ya!


Salam hangat buat semua!


Big hug and kisses, Dira.

Chief Socmed Wattpad Jendela Kata.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s