(Wattpad Review) Spring Day (봄날)  by Salshabila Dhani Chasanah


​Musim semi itu mengingatkan Hyejin kembali pada awal dari perubahan hidupnya.

Hari di mana ia bertemu dengan Min Yoongi, seorang idol yang misterius membuat hari-harinya berubah.

봄날

===

Judul : Spring Day ( 봄날 )

Penulis : Salshabila Dhani Chasanah

Wattpad Id : imssadchxx

Genre : Fanfiction

Published : 22 Parts

Status : On Going

Hit rank : 493 in Short Story

Visitors : 1.14k Reads. 256 Votes. (Friday, 21 April 2017)

Rating : 6.5/10.0

Sudut Pandang : Orang Pertama dan orang ketiga

Copyright : All Right Reserved

Read more : Spring Day

Review by : Icha Savitrie




Sebelumnya, aku ucapkan terima kasih untuk owner Jendela Kata yang sudah memberikan kesempatan untuk me-review cerita ini. Ini adalah kali pertama aku me-review sebuah cerita, jadi kalau banyak kekurangan di sana sini mohon maaf ya.

Ketika pertama kali ditawarkan untuk membuat review Spring Day, aku sudah sangat tertarik dengan cerita ini karena judulnya sama kayak judul lagu yang lagi sering aku dengarkan belakangan ini. Yups, judul lagu dari Bangtan Sonyeondan atau yang lebih dikenal dengan nama Bangtan Boys (BTS), salah satu boygroup yang sedang naik daun dari Korea Selatan saat ini. Dan ternyata, cerita bergenre fanfiction inipun adalah sebuah cerita mengenai salah satu dari member BTS, Min Yoongi.  Dan judulnya memang diambil dari judul lagu itu.  Jadi, untuk kalian yang merupakan Suga Stan ataupun Yoongi Stan, mungkin kalian akan suka sama cerita yang satu ini.



Dilihat dari segi cover-nya, aku suka sama pemilihan gambarnya karena cover-nya sesuai dengan tema dan juga judulnya yang menampilkan dua orang yang sedang berada di sebuah tempat penuh dengan bunga bermekaran. Blurb-nya yang disajikan dengan sangat singkat membuatku penasaran dengan jalan ceritanya. Di tambah lagi, prolog yang dibuat seperti kilasan-kilasan kejadian masa lalu membuatku semakin penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi dengan si tokoh utama.



Cerita Spring Day sendiri mengisahkan mengenai seorang gadis asal Daegu, Korea Selatan, yang bernama Go Hyejin yang secara tidak sengaja harus berurusan dengan salah satu member BTS, Min Yoongi, yang terkenal misterius dan selalu bersikap dingin terhadap orang-orang di sekitarnya karena masalah di masa lalunya. Hal ini membuat citranya di mata masyarakat menjadi tidak baik.  Belum lagi rumor yang hembuskan oleh sasaeng fans-nya mengenai masa lalunya yang akan semakin membuat namanya tercoreng. Sehingga akhirnya team management BTS memintanya untuk mencari kekasih agar bisa meredam rumor tersebut. Dan pilihannya jatuh pada Hyejin. Masalah kemudian semakin bertambah rumit karena salah satu member BTS lainnya, Kim Taehyung, ternyata menyimpan perasaan suka pada Go HyeJin yang ternyata merupakan teman masa kecilnya.

Lalu apakah Yoongi akan menuruti perintah management-nya? Ataukah Taehyung berhasil menyatakan perasaannya yang telah disimpannya sejak lama untuk HyeJin? Siapa kah yang akhirnya akan dipilih oleh Go HyeJin? Penasaran? Sama aku juga hehehe. Karena sayangnya, sepertinya semua pembaca—termasuk aku—harus bersabar untuk mengetahui akhir dari cerita ini karena sampai saat ini penulisnya belum menyelesaikan ceritanya.



Dan setelah membaca keseluruhan ceritanya, entah kenapa aku merasa sedikit terganggu dengan Point Of View (POV) yang digunakan oleh penulis. Dalam cerita ini, penulis menggunakan lebih dari satu POV. Sebenarnya, di dalam genre fanfiction menggunakan beberapa POV itu sudah merupakan hal biasa. Hanya saja, menurutku di dalam cerita ini, penulis terlalu banyak menggunakan POV para tokohnya. Hampir setiap tokoh memiliki sudut pandang tersendiri, setidaknya sampai saat ini penulis telah menggunakan lima sudut pandang yang berbeda. Belum lagi perpindahan POV-nya terjadi sangat cepat dan menggunakan gaya bahasa yang sama. Sehingga hal tersebut mungkin akan sedikit membingungkan, aku saja sampai harus membaca dua kali untuk memastikan sudut pandang siapa yang sedang digunakan. Saran aku sih, akan lebih baik kalau penulis fokus menggunakan dua atau paling banyak tiga sudut pandang supaya tidak membingungkan pembaca.



Dan perubahan POV yang terjadi berkali-kali dalam setiap part-nya secara cepat sedikit berakibat pada alur cerita menjadi maju-mundur. Karena setelah sebelumnya diceritakan menggunakan satu sudut pandang salah satu tokohnya, lalu beberapa saat kemudian diceritakan ulang dari awal dengan sudut pandang tokoh yang lainnya. 
Satu lagi, penulisan istilah bahasa asing (dalam cerita ini bahasa Korea) beberapa mungkin sudah ada yang ditulis dengan artinya sehingga kita mengerti apa yang sedang mereka bicarakan. Tetapi, aku juga menemukan beberapa istilah yang tidak dituliskan artinya.  Mungkin, untuk yang pembaca yang sering membaca fanfiction akan mengerti dengan kalimat yang dimaksud, tapi untuk pembaca yang baru membaca fanfiction seperti ini, mungkin akan sedikit kebingungan dan menerka-nerka apa arti dari kalimat dengan bahasa Korea itu.



Tapi secara keseluruhan ceritanya sudah bagus. Aku malah suka beberapa karakter yang ada di dalamnya. Selain tentu saja Yoongi sebagai peran utamanya, aku juga menyukai karakter Jimin dan Jungkook yang bersifat ceria dan bisa meramaikan suasana mengimbangi sikap Yoongi yang dingin dan misterius. Hanya mungkin perlu diperhatikan lagi beberapa hal yang sudah aku tuliskan di atas.

Cukup sekian review yang bisa aku sampaikan, semoga bermanfaat. Semangat untuk berkarya lebih baik lagi. Ditunggu kelanjutan ceritanya ya.


Best regards,

Icha Savitrie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s