(Wattpad Review) Killer Leader by Salshabila Dhani Chasanah

Ketika rasa kepercayaan, rasa sayang, dan persahabatan dipertaruhkan.

Siapakah yang pantas disalahkan?



Judul : Killer Leader [BTS]

Penulis : Salshabila Dhani Chasanah

Wattpad Id : imssadchxx

Genre : Mystery/Thriller

Hit Rank : #86 in Mystery/Thriller [04/07/2017]

Now Rank : #86 in Mystery/Thriller [ Selasa, 04/07/2017]

Published : 17 parts

Status : Complete

Visitors : 1,6K reads, 344 votes. [ Selasa, 04/07/2017]

Rating (1-10) : 7.0/10.0

Tanggapan terhadap cerita ini : SUKA

REVIEWER MEMBACA SAMPAI CHAPTER : 17.  ALASANNYA : Ingin tahu endingnya kayak gimana. Karena pada dasarnya, aku orangnya gampang penasaran apalagi kalau ceritanya udah selesai kayak gini.

Sudut Pandang yang Digunakan : Orang Ketiga.

Copyright : All right reserved (Seluruh konten dilindungi undang-undang)

Read more : http://my.w.tt/UiNb/PDEbpO8PxE

Review by : Icha Savitrie [ http://wattpad.com/ungusenja ]

Untuk kamu yang punya account wattpad, bisa kunjungi kami di http://wattpad.com/user/jkcommunity


(RINGKASAN CERITA MENURUT REVIEWER)

Kim Namjoon, Leader Bangtan Sonyeondan—atau yang dikenal dengan nama BTS—tiba-tiba saja menghilang setelah berpamitan akan membeli makanan untuk semua membernya. Sampai setelah beberapa lama kemudian, salah satu member BTS mendapatkan telepon dari rumah sakit yang mengatakan bahwa mereka telah menemukan Namjoon di sebuah jurang bersama dengan sebuah mobil yang terbakar dalam kondisi mengenaskan yang membuatnya kritis.

Jungkook, member termuda BTS yang paling dekat dengan Namjoon, menuduh Min Yoongi—member BTS lainnya—yang telah sengaja mencelakakan Namjoon, karena dia adalah orang terakhir yang terlihat pergi bersama dengan Namjoon dan karena saat ini Yoongi ada di antara mereka dalam keadaan baik-baik saja sementara Namjoon harus terbaring tidak berdaya di ruang ICU.

Yoongi yang merasa tidak melakukan apa-apa, akhirnya melakukan penyelidikan diam-diam terhadap apa yang menimpa Namjoon. Ia merasa kejadian yang menimpa leader-nya itu bukan hanya kecelakaan biasa, tapi merupakan sebuah upaya pembunuhan. Apalagi setelah kejadian itu Jin, member paling tua di group mereka, juga menjadi korban percobaan pembunuhan selanjutnya.

Dengan bantuan dari sahabatnya yang berprofesi sebagai detektif dan juga mantan kekasihnya yang berprofesi sebagai  perawat, akhirnya Yoongi berusaha menyelamatkan Namjoon dengan cara memalsukan kematiannya dan mengirim lelaki bersurai ungu itu ke Kanada.

Dan setelah itu posisi Yoongi malah semakin terpojok. Selain karena Jungkook yang semakin membencinya dan menuduhnya sebagai penyebab kematian Namjoon, juga karena agensi tempatnya bernaung selama ini akhirnya menunjuknya sebagai Leader pengganti Namjoon. Dan hal itulah yang justru membuatnya menjadi sasaran pembunuhan selanjutnya.


SEBELUM MEMBACA ISI REVIEW INI, JANGAN LUPA FOLLOW AKUN PENULIS REVIEW UNTUK MENDUKUNGNYA BERKARYA JUGA.

Icha Savitrie [ http://wattpad.com/ungusenja ]


SUDAH?


OKE… BISA KITA MULAI…


===

COVER :
Menurut pendapatku, dilihat dari segi cover sudah terlihat bagus. Terlihat sederhana karena hanya menampilkan dua member BTS yang mungkin merupakan tokoh sentral atau tokoh yang sering diceritakan sebagai cover. Padahal kalau dilihat berdasarkan judul cerita yang mencantumkan nama BTS (sebagai group, bukan nama salah satu member), cerita ini merupakan fanfiction BTS dan itu berarti seharusnya di covernya memperlihatkan semua member BTS bukan cuma dua member. Selain itu, di dalam cover terdapat tulisan kata ‘Hypocrisy’ di depan judul ‘Killer Leader’ tapi tidak di tuliskan di dalam judul.

CHAPTER PEMBUKA :
Part pertama cerita ini, dibuka oleh tampilan video dari teaser yang dibuat oleh penulis mengenai seluruh isi cerita. Hal ini cukup menarik, karena tidak semua penulis bisa membuat teaser seperti ini. Dan part selanjutnya yang merupakan part pembuka cerita juga tidak kalah menarik, karena kita dilangsung dihadapkan pada sebuah adegan pembuka yang membuat penasaran dan menimbulkan banyak pertanyaan di otak pembaca (terutama aku hehehe)

EBI :
Dari segi EBI dan teman-temannya, menurut hal-hal teknis yang aku pahami, ada beberapa kata yang belum sesuai sama EBI seperti penempatan kata depan di/ke yang harusnya dipisah malah digabung dan sebaliknya. Enggak banyak sih, tapi ada beberapa.

GAYA BAHASA :
Gaya bahasa yang digunakan penulis merupakan gaya bahasa yang sering digunakan di dalam fanfiction atau drama-drama luar, sedikit baku karena mungkin mengikuti gaya bahasa yang digunakan di Korea Selatan pada umumnya.

PENGGAMBARAN LATAR :
Penggambaran yang digunakan dalam cerita ini menurut saya sudah cukup sesuai dengan kebutuhan cerita. Tidak terlalu digambarkan secara detail tapi masih disebutkan dan dijelaskan melalui narasi dan percakapan antar tokohnya. Dan narasi yang menggambarkan situasi juga sudah cukup menunjang jalan cerita. Sehingga membuat pembaca tidak merasa cepat bosan.

KARAKTER TOKOH :
Seperti cerita fanfict pada umumnya, biasanya karakter tokoh yang digambarkan mungkin memang diambil dari karakter para tokoh yang sebenarnya, seperti usia, posisi dalam group dan jalinan kedekatan para tokohnya. Terlebih karakternya Min YoonGi yang memang diceritakan tidak terlalu banyak bicara. Jin yang dewasa dan Jungkook yang sedikit manja (karena posisinya sebagai Magnae dalam group). Hanya saja, karena cerita ini bertemakan mystery sehingga membuat karakternya sedikit lebih kelam dari pada karakter yang sebenarnya.

ALUR, PLOT, KONFLIK :
Alur dan plot yang digunakan dalam cerita ini terlihat seperti maju mundur karena diceritakan menggunakan pandangan dari beberapa tokohnya. Tapi hal itu, cukup membuat cerita ini menarik karena kita tidak cuma terpaku pada satu kejadian tokohnya, tapi juga kejadian lain yang menunjang jalan ceritanya. Apalagi ditambah dengan konflik yang tercipta di antara para tokohnya membuat cerita ini semakin menarik.

LOGIKA CERITA (PLOT HOLE) :
Dari segi logika cerita, sebenarnya ada dua hal yang menurutku agak mengganjal.

Yang pertama ada di part awal-awal, lupa dimana tepatnya. Tapi di part itu diceritakan kalau Hoseok mengatakan pada YoonGi kalau dia sempat mendengarkan pembicaraan YoonGi dengan YeonBi saat di rumah sakit. Hoseok juga menanyakan tentang seseorang yang bernama Yoonjo yang katanya pernah di sebut oleh YoonGi. Sementara di dalam part dimana YoonGi dan YeonBi berbicara berdua, tidak disebutkan nama Yoonjo sama sekali.

Dan yang kedua adalah adegan dimana YoonGi menghubungi YeonBi. Sebelumnya disebutkan bahwa Yeonbi sedang berada di Kanada sementara YoonGi berada di Korea Selatan. Aslinya antara Seoul (ibukota Korea Selatan) dan Ottawa (ibukota Kanada) ternyata ada perbedaan waktu lebih dari duabelas jam, jadi kalaupun mereka saling berhubungan seharusnya diperlihatkan perbedaan waktu mereka, tapi di sana mereka seolah-olah sedang berada di satu kota yang sama. Itu saja sih, selebihnya udah oke menurutku.

KRITIK DAN SARAN :
Sebenarnya ceritanya udah bagus. Ide-nya juga oke. Alurnya juga bagus. Hanya kurang di teknik penulisan sama riset aja mungkin, seperti perbedaan waktu antara Korea dan Kanada yang mencapai dua belas jam lebih lamanya tapi tidak dijelaskan di dalam cerita.  Akan lebih baik, jika sebelum menulis cerita sebaiknya mengadakan riset kecil-kecilan untuk mendapatkan data-data yang mendukung cerita.

Penggunaan istilah asing (dalam cerita ini : istilah Korea) sebagian memang sudah benar, yaitu dengan memberikan penjelasan berupa arti katanya. Akan tetapi belum merata. Ada beberapa istilah yang masih tidak disertai dengan artinya. Mungkin kalau pembacanya adalah seorang Kpopers (seperti aku hehehe) tidak akan menjadi masalah, karena sudah terbiasa dengan istilah-istilah itu. Lain halnya dengan orang yang sama sekali tidak mengenal istilah-istilah tersebut akan merasa bingung sebelum membaca ceritanya lebih jauh.

Dan penggunaan genre cerita. Karena berdasarkan yang aku ketahui, kalau kita menggunakan nama artis atau orang ternama maka cerita tersebut masuk ke genre Fanfiction. Tapi kali ini, penulis memasukkannya ke genre Mystery/Thriller. Ada baiknya, kalau penulis memasukkannya ke dalam genre Fanfiction sesuai dengan jenis tulisannya.

KESAN SETELAH MEMBACA :
Tidak menutup kemungkinan, dunia selebriti Korea yang sebenarnya memang segelap yang di gambarkan penulis cerita ini. Selalu terjadi persaingan ketat di setiap langkah dan keputusan yang mereka ambil. Akan ada pemenang yang akan mencapai tujuannya dan juga ada yang kalah yang akan menempuh segala cara untuk mendapatkan apa yang meraka inginkan.

===

Q&A

CHAPTER PALING MENGESANKAN?
Chapter pertama : INSIDEN. Kenapa? Karena di chapter ini, kita disuguhkan oleh pembukaan yang membuat penasaran.

TOKOH TERFAVORIT ?
Min YoonGi. Karena dibalik sikap dinginnya ada kepedulian yang sangat besar terhadap semua teman-temannya.

SATU KATA UNTUK KARYA INI?

Cukup bagus.Secara pribadi, aku suka ceritanya.

SATU KATA UNTUK PENULISNYA?
Semangaat!!! Hasilkan karya yang lebih bagus lagi ke depannya yaa.

YANG PALING MEMBEKAS DI HATI SETELAH MEMBACA?
Tidak semua yang kita lihat dan kita kira seperti apa yang terjadi sebenarnya. Jadi kadang, memang perlu dua sisi untuk menilai sesuatu.

PESAN TERAKHIR REVIEW SINGKAT INI?
Ini adalah kedua kalinya aku menuliskan review. Masih belajar juga. Jadi maaf, kalau apa yang aku sampaikan masih terdapat banyak kekurangan, tidak sesuai dengan bagaimana seharusnya dan mungkin tidak berkenan di hati. Pesan terakhir, untuk penulisnya terus berkarya ya. Karya kamu udah bagus kok, hanya saja mungkin perlu ditingkatkan lagi ke depannya. Jangan lupa untuk riset sebelum menulis. Itu salah satu bagian penting dalam menghasilkan sebuah karya.

Terima kasih telah membaca review yang aku buat ini. Untuk penulisnya, sekali lagi salam kenal.


Love,

Icha Savitrie.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s