(Wattpad Review) The Pigeon Of Twilight by. Ayu

[Persahabatan-minor romance] [remaja]

Hanya merpati yang akan setia menemani senja di saat ia kesepian.

Hanya merpati yang setia menghibur senja di saaat ia bersedih

Dan…

Hanya merpatilah yang setia menunggu senja

Merpati Senja (The Pigeon of Twilight). Sebuah novel yang menceritakan tentang kisah persahabat, kasih sayang, pengorbanan, dan perjuangan.

Kisah mereka…

Judul : The Pigeon of Twilight

Penulis : Ayu

Wattpad Id : Ayuwwi

Genre : General Fiction

Cover by : @ratnaokt

Hit Rank : –

Now Rank : #602

Published : 12 parts

Status  (Ongoing/Complete/On Hold) : on going

Visitors (Sampai tanggal berapa) : 1,05 reads. 127 votes (Minggu, 2 Juli 2017)

Rating (1-10) : 7

Tanggapan terhadap cerita ini :  SUKA 

REVIEWER MEMBACA SAMPAI CHAPTER : ..12…

 ALASANNYA : karena suka sama ceritanya dan penasaran

Sudut Pandang yang Digunakan : sudut pandang orang pertama dan ketiga

Copyright : All right Reserved

Read more (Cantumkan link cerita): http://my.w.tt/UiNb/8KnojH4xrE

Review by (Cantumkan link profil wattpad kamu) : @ipapoo

Kunjungi juga : akun wattpad kami di http://wattpad.com/user/jkcommunity

(………..RINGKASAN CERITA VERSI REVIEWER………..)

The Pigeon of Twilight, cerita ini mengisahkan tentang mereka. Tentang Niel, Kara dan Rafa. Pertama kali membaca cerita ini entah kenapa saya menjadi penasaran oleh tokoh tokoh yang diciptakan oleh author. Tapi saya juga pernah mengira Kara itu laki laki ternyata kara itu perempuan.

Baiklah tak usah bertele tele. Setelah membaca prolog saya melanjutkan membaca chapter satu. Disana kisah itu di mulai. Mereka bertiga yang menyukai senja. Yang menikmati senja di gubuk teh. disaat itu, saya seperti tertarik didalam cerita, seakan akan saya merasakan dan menikmati hawa senja. Setelah membaca chapter pertama dilanjukan dengan chapter kedua dan ketiga yang menceritakan lintas masa lalu mereka atau yang sering disebut flashback. Disana saya menyadari arti sahabat sebenarnya. Kisah mereka yang begitu saya sukai, tawa, canda, dan kelucuan mereka membuat saya teringat oleh sahabat saya. Duh, saya malah curhat. Lanjut saja, di chapter dua dan ketiga itu saat dimana Rafa pindah ke luar negeri dan dimana saat Kara menjadikan Niel sahabat nomor satunya. Tapi sayangnya hal menyedihkan terjadi, Niel lupa ingatannya, melupakan Kara, Rafa, bahkan keluarganya. Membuat Niel menjadi dingin dengan siapapun termasuk Kara.

Chapter selanjutnya kita di suguhkan oleh cerita yang lebih seru. Dimana tokoh-tokoh baru bermunculan. Teman lama Kara yang bernama Alfa. Dan teman baru yang di dapatkan Kara di sekolahnya. Semua tersusun sangat rapi dan menarik. Dan saya juga sedih saat Kara di usir oleh mamanya dari rumah, tapi saya baper, itu si Niel masih saja perhatian sama Kara waktu di usir dari rumah. Terus yang bikin saya baper lagi waktu Kara tidur dan Niel jagain Kara di sofa walaupun ikut tidur juga sih. Sampai saat ini saya masih penasaran, kenapa Mamanya Kara bersikap seperti itu? kemana Ayah Kara pergi setelah bertengkar dengan Mama Kara? Dan ada apa antara Niel dan Mama Kara?

BELUM MEMBACA ISI REVIEW INI, JANGAN LUPA FOLLOW AKUN PENULIS REVIEW UNTUK MENDUKUNGNYA BERKARYA JUGA.

@ipapoo


SUDAH?


OKE… BISA KITA MULAI…

===


COVER : menurut saya covernya kurang menarik. Banyak orang yang pertama kali melihat cerita dari covernya dulu, dan jika cover yang digunakan bagus mungkin bisa menarik minat mereka untuk membaca. Lalu juga penggunaan font yang dipakai, rasanya kurang pas.

CHAPTER PEMBUKA : chapter pembuka menurut saya sudah bagus. Tapi perhatikan penggunaan titik dan koma. Terus tingkatkan ya.

EBI : maaf sebelumnya jika kata-kata saya akan menyinggu anda. Menurut saya banyak kata-kata yang kurang baku, contohnya :cobak, kata cobak seharusnya kan itu coba tapi kenapa ditulis cobak? 

Kemudian huruf kapital, ada beberapa kalimat yang harusnya di awali dengan huruf kapital tapi di cerita ini tidak ditulis huruf kapital. Kemudian penggunaan huruf depan ‘di’, ada beberapa yang salah dicerita tersebut. Terus penggunaan dialog tag yang salah juga. 

Ada juga beberapa dialog yang belum ditutup, contohnya: “kamu harus mencari teman lain selain kakak dan Niel Kara” seharusnya sebelum ditutup tanda petik, tutup dulu pakai tanda koma atau titik tergantung dengan adanya kalimat yang mengikutinya atau tidak, jika tidak ada kalimat yang mengikutinya lebih baik diberi tanda titik tetapi jika setelah dialog tersebut terdapat kalimat lagi seperti “ujar” “ucap” “kata” sebaiknya diberi tanda koma.

GAYA BAHASA : gaya bahasa menulis sangat mudah atau ringan dibaca, tidak berbelit belit dan mudah di pahami.

PENGGAMBARAN LATAR : penggambaran latar bagus. Terus tingkatkan ya.

KARAKTER TOKOH : tokoh-tokoh di cerita ini bagus-bagus. Karakter mereka berbeda beda, mudah untuk dipahami.

ALUR, PLOT, KONFLIK : alur, plot, dan konflik menurut saya sudah bagus. Terus tingkatkan, jangan mudah puas. Teruslah berkarya.

LOGIKA CERITA (PLOT HOLE) : cerita masuk akal.

KRITIK DAN SARAN : perhatikan penggunaan EBI dan juga penggunaan titik dan koma. Ada beberapa yang harusnya menggunakan titik tapi di ganti koma begitu pula sebaliknya koma di ganti dengan titik. Lebih di koreksi ya.

KESAN SETELAH MEMBACA : kesan setelah membaca menyadarkan saya arti penting persahabatan yang sesungguhnya, dan pengorbanan serta kasih sayang.

===

Q & A

CHAPTER PALING MENGESANKAN? Perhatian

TOKOH TERFAVORIT ? Niel

SATU KATA UNTUK KARYA INI? Keren

SATU KATA UNTUK PENULISNYA? Hebat

YANG PALING MEMBEKAS DI HATI SETELAH MEMBACA? Kasih sayang yang didapatkan dari persahabatan.

PESAN TERAKHIR REVIEW SINGKAT INI? Terima kasih sebelumnya sudah memberi saya untuk mereview cerita keren ini. Saya harap kepada penulis cerita ini dan penulis-penulis lainnya dimanapun kalian berada bukan hanya di wattpad tapi dimanapun, teruslah berkarya jangan mudah putus asa. Jadikan kritikan orang sebagai pondasi agar kalian tetap kuat, berfikir positif, hilangkan semua rasa takut kalian, kembangkan bakat kalian, dan jadilah diri kalian sendiri dengan keunikan dan ciri khas yang kalian punya.

Leave a Reply

