(Wattpad Review) Goodbye Oppa by Kim Hani

Seorang gadis yang sedang berusaha menghilangkan syndrome Korea yang ia miliki, malah harus terjebak dalam sebuah hubungan yang menghadapkan dia dengan dua orang berwajah persis salah satu member boyband yang ada di Korea.

Mampukah dia menghadapinya?


Judul : Goodbye Oppa

Penulis : Kim Hani

Wattpad Id : @lovelykimhani

Genre : Teenfiction

Published :16 parts

Status : Ongoing

Visitors (Sampai tanggal berapa) : 80 reads (4 July 2017) 

Rating : 7.0/10.0

Tanggapan terhadap cerita ini : SUKA  

REVIEWER MEMBACA SAMPAI CHAPTER : 15 ALASANNYA agar dapat mengerti alur cerita

Sudut Pandang yang Digunakan : Sudut pandang campuran

Copyright : All Right Reserved

Read more : https://www.wattpad.com/story/112307113-goodbye-oppa 

Review by : @literallynatasha24
 

Kunjungi juga : http://wattpad.com/user/jkcommunity untuk membaca review-mu dalam format wattpad.

SEBELUM MEMBACA ISI REVIEW INI, JANGAN LUPA FOLLOW AKUN PENULIS REVIEW UNTUK MENDUKUNGNYA BERKARYA JUGA.

@literallynatasha24

SUDAH?

OKE… BISA KITA MULAI…

===


COVER : Nice, cute and simple. Tapi itu terlalu simple kak. Aku suka karena tidak keramaian cocok sekali untuk teenfict, menurutku tambahan sub-judulnya juga menarik perhatian. Tapi aku saranin jangan terlalu simple banget. Juga kalau bisa tambahin gambarnya Chanyeol atau nggak Minho, mungkin juga dua-duanya, terus sileut si Hani di tengah. Jadi readers yang pada nyari cerita tentang Chanyeol maupun Minho bisa tahu dari cover Kakak. Tapi jangan lupa berikan judul dengan nama Chanyeol atau pun Minho. Contoh: Goodbye Oppa; Park Chanyeol atau Chanyeol diganti Minho.


CHAPTER PEMBUKA : chapter awal simple, menceritakan tentang perkenalan akan tokoh-tokoh cerita ini. Kita diajak kenalan sama Hani, Noel dan Ray. Kita juga akhirnya tahu apa yang Hani setiap pagi lakukan. Ritualnya seperti biasa. Menurutku chapter awalnya sudah bagus karena author memperkenalkan tokoh-tokoh yang akan berperan penting dalam cerita Goodbye Oppa ini. Penyajiannya juga simple, tidak berbelit-belit.

 

EBI : Aku masih bingung, author memakai gue-loe atau aku-kamu? Soalnya kadang di tengah-tengah ada perubahan.aku juga sreing menemukan beberapa kata yang sebenarnya tidak perlu diberi capslock. Bisa aja itu typo dan sebagainya, mohon di cek lagi thor. Juga ada beberapa kalimat yang belum diberi capslock.

GAYA BAHASA : Bahasa ringan gampang dimengerti. Cerita ini soal pekerjaan yang kadangkala belum aku paham. Apalagi dalam chapter 11-Mine, ada dijelaskan soal rapat dan aku masih kurang ngerti. Mungkin penyajiannya kurang pas tapi itu masih bisa diperbaiki kok. Aku juga sering lihat banyak typo di setiap chapter. Aku saranin sebelum publish chapter selanjutnya sebaiknya dibaca ulang dulu. Jadi kalau ada typo bisa diperbaiki, jangan asal publish aja thor.


PENGGAMBARAN LATAR : Di cerita ini latarnya adalah Jakarta, ibu kota negara Indonesia. Dalam cerita ini aku sudah menemukan waktu dalam setiap chapter, seperti pukul 07:58 dll. Penyajian latarnya sudah jelas jadi gampang dibaca menurutku.


KARAKTER TOKOH : Hani. Karakternya konsisten, tapi kadang cengeng. Si Chanyeol dingin tapi juga punya sisi lembutnya. Aku suka cara author membuat Chanyeol memiliki sisi lembut. Tapi menurutku sebaiknya author jangan memunculkan sisi lembut Chanyeol dulu, mungkin biarkan Hani benci Chanyeol dulu, baru munculkan sisi lembut Chanyeol. Jadi akhirnya para readers gimana reaksi Hani pas lihat sisi lembut Chanyeol?


ALUR, PLOT, KONFLIK : Menurutku alurnya sudah oke. Tapi kadang-kadang stuck dan nggak nyabung dikit. Tapi so far alurnya lurus dan nggak berbelit-belit. Konfliknya belum muncul, jadi mungkin segera dimunculkan. Tapi aku barusan lihat di chapter yang barusan update, ada konflik! Kelihatannya si Yuna itu punya hubungan dengan Minho.


LOGIKA CERITA (PLOT HOLE) : Kalau masuk akal atau tidak, masuk akal sih. Tapi entah mengapa tiba-tiba Chanyeol ngebolehin Hani jadi sekretarisnya. Segampang itu ya jadi sekretaris? Bukannya jadi karyawan dulu baru naik jabatan? Itu aja yang menurutku kurang masuk akal di otakku.
KRITIK DAN SARAN : Jangan diambil hati ya, nanti aku jadi ikut sedih lho. Wkwk. Pokoknya thor, sebelum author publish cerita mohon dibaca baik-baik terlebih dahulu. Jadi readers akan nyaman dalam membaca ceritanya, juga kalau update cerita panjangin mungkin minimal 500+ dan maksimal 1000+, aku saranin aja, keep up bahasanya, udah enak dibaca lho! Aku ingetin lagi, sebaiknya pakai salah satu aja, gue-loe atau aku-kamu jadi readers bakal nyaman.


KESAN SETELAH MEMBACA : A nice story to read. Hanya tinggal direvisi, seperti typo, alur yang kadang stuck, pasti akan jadi cerita yang fantastic! Jangan ragu-ragu untuk menulis, ini adalah salah satu cerita yang membekas di hatiku. Kesan romance-nya pas, bahkan aku teriak waktu Chanyeol nembak Hani deh.

===

Q & A


CHAPTER PALING MENGESANKAN? 

Chapter 11-Mine

TOKOH TERFAVORIT ?

Hani

SATU KATA UNTUK KARYA INI?

Cool.

SATU KATA UNTUK PENULISNYA?

Fighting!

YANG PALING MEMBEKAS DI HATI SETELAH MEMBACA?

Bagaimanapun juga cerita ini memiliki sisi romance dan sisi lucunya. Fun buat dibaca, nyaman dan cocok bagi remaja zaman sekarang.

PESAN TERAKHIR REVIEW SINGKAT INI?

Pokoknya semangat thor! Jangan menyerah, mungkin tidak gampang, but tetap berusaha sebaik mungkin. Maaf jika review ini singkat dan nggak nyambung, mungkin nyakitin hati dan nggak sesuai dengan yang diharapkan. Karena kita sama-sama masih belajar menjadi penulis. Pantang menyerah adalah kunci keberhasilan! 

NOTES : 

YANG DIISI HANYA YANG TULISAN WARNA HITAM. YANG TULISAN MERAH, MOHON TIDAK DIUBAH-UBAH.
LANGKAH-LANGKAH MENULIS REVIEW CERITA WATTPAD :

Siapkan catatan dan mulailah mulailah menganalisis poin-poin detail seperti judul, jumlah chapter, genre dan lain sebagainya. 

Setelah semuanya tercatat, barulah baca perlahan mulai dari awal. Jangan terburu-buru dan cobalah menganalisis gaya bahasa penulis. Apakah gaya bahasanya easy going, berat, puitis, mirip novel terjemahan?

Analisis juga mengenai penggunaan dialog, ejaan, dll. Jika kamu mengerjakan tidak sekali selesai, ada baiknya tulis semua penemuanmu di catatan agar kamu tidak bekerja dua kali nantinya dan apa yang sudah kamu temukan tidak hilang.

Dengan menilai, kita juga ikut belajar. Karena itu, cobalah perhatikan sampai detail terkecil sekalipun. Catat hal-hal yang sekiranya mengganggu. Kalau kamu cukup baik, screenshot dan masukkan di reviewmu agar penulis yang bersangkutan bisa memperbaiki dengan tepat nantinya.

Cobalah menilai dengan jujur. Jika ingin mengkritik, berilah solusi juga.

Apa perlu membaca keseluruhan chapter untuk mendapatkan kesimpulan tentang seperti apa karya yang kita baca? Menurutku itu nggak perlu. Karena jika kita membaca karya yang tidak kita sukai, pasti rasanya menyiksa kan? Karena itu, bertindaklah sebagai pembaca yang bijaksana. Cukupkan bacaanmu jika kamu mulai merasa tak tertarik. Di review nanti kamu bisa utarakan alasan yang membuat kamu berhenti membaca karya penulis tersebut.

Walaupun tak membaca keseluruhan, tetaplah berusaha profesional dengan tetap menganalisis keseluruhan poin yang ada di form. 

Seorang reviewer boleh mengatakan suka, tapi jangan lupa beri alasan mengapa kamu suka.

Apa reviwer perlu memberi vote dan komentar di work yang direviewnya? Ini semua kebebasan reviewer masing-masing. Tapi aku sarankan hanya memberi vote jika mau. Sementara komentar-komentar lebih baik disimpan dan seluruhnya dituangkan di review yang kamu tulis.

Jika work yang kamu ingin review ternyata di privat? Cukup kamu dm ke penulisnya dan katakan bahwa JK tak menerima review untuk work yang diprivat.

Jangan lupa buat quotes dengan menandai kata-kata yang kamu sukai dari work yang kamu review. Nggak usah ribet pakai aplikasi quotes maker kok. Cukup pakai standar wattpad. Caranya gimana? Caranya kamu blok pada kata-kata yang kamu suka kemudian klik tanda kutip (“..”) yang muncul di pojok kanan atas. Kalau kamu mau kreasiin pakai gambar-gambar punyamu juga boleh banget. Nanti quotes-quotes ini juga akan diposting di ig kita lhoo… 

Sudah selesai? Nah, jika sudah selesai dengan semuanya, kamu bisa kirim hasil pekerjaan kamu ke line owner dalam bentuk MS word. Jangan lupa, screenshot profil dan cover work yang kamu review dikirim juga dalam bentuk gambar (jangan dicantumkan di dalam MS WORD). Satu lagi, quotes yang udah kamu buat juga ikut kirim. 

Untuk kirim ms word di line, kamu bisa langsung klik kirim file atau di upload dulu di line keep yaa…

Nah, selesai deh.

Sekarang kamu tinggal tunggu kerjaan kamu nangkring di wattpad dan blog JK.

Semoga dari sini, dari belajar nulis review kecil-kecilan, ke depannya kamu bisa nulis sendiri review di media massa atau tempat lain yang menghasilkan uang yaaa…

Thank youu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s