(Wattpad Review) Dinosaurus I’mn Love by Blackshadow

Kehilangan?

Aku yakin semua orang pasti pernah merasakan kehilangan, tak terkecuali.
Termasuk kamu….
Semua orang pernah merasakan

Sakitnya kehilangan, dan sekarang

Aku juga merasakan apa itu

Kehilangan.
Menjadi orang yang ‘peka’ jadi prioritasku sekarang. Jadi orang tidak ‘peka’ sepertiku akan mendatangkan sebuah perasaan yang bernama.
‘Kecewa’
‘Sakit’
Menimbulkan sebuah luka yang tidak terlihat juga tidak berdarah, tapi lebih menyakitkan daripada kata ”MATI”

Judul : Dinosaurus I’mn Love

Penulis : BlackShadow

Wattpad Id : 46BlackShadow

Genre : Teenfiction

Cover by : TyaAzh

Published : 21 parts (Last update 10 July 2017)

Status : Ongoing

Visitors : 3,31k reads 1,42k votes (11 July 2017) 

Rating : 7.5/10.0 

Tanggapan terhadap cerita ini : LUMAYAN 

REVIEWER MEMBACA SAMPAI CHAPTER : 4 ALASANNYA lagi 5L. Hehehehe. Terus juga aku udah nggak terlalu penasaran, jadi aku skip dulu deh.

Sudut Pandang yang Digunakan : Orang pertama.

Copyright : All Right Reserved

Read more : https://www.wattpad.com/story/96858174-dinosaurus-i%27mn-love

Review by : @chitradyaries 

Kunjungi juga : http://wattpad.com/user/jkcommunity untuk membaca review-mu dalam format wattpad.

Alyssa pernah mengalami amnesia. Berawal ketika dirinya harus menjaga Cantika karena permintaan sang Ayah, dia bertemu dengan Aland—cowok tampan yang kelakuannya menyebalkan. Takdir seakan sengaja menyusun skenarionya, ketika tiba-tiba Alyssa dan Aland kembali bertemu di sekolah. Aland murid pindahan di sekolah Alyssa. Dari sana, segalanya antara mereka dimulai.

SEBELUM MEMBACA ISI REVIEW INI, JANGAN LUPA FOLLOW AKUN PENULIS REVIEW UNTUK MENDUKUNGNYA BERKARYA JUGA.

@chitradyaries

SUDAH?

OKE… BISA KITA MULAI…

===


COVER : Aku juga sering pake font yang di judulnya itu. Lucu. Tapi resolusinya menurutku kurang pas, jadi bagian dasar polosnya kelihatan agak kabur.

CHAPTER PEMBUKA : Wih, serius deh. Waktu aku baca chapter awalnya, aku sempet nggak percaya kalo penulisnya tuh masih 14 tahun. Yakin banget deh penulisnya rajin baca. Diksinya lancar banget. Aku senyum-senyum sendiri baca pergolakan batin si Alyssa. baru baca blurbnya aja, aku dah nemu kesan dalamnya. So far, maaf karena aku Cuma baca 4 chapter, karena dari yang aku baca, aku paling favoritin ya chapter pembuka itu.

Bahasanya enak, lucu, ngalir, tahu-tahu dan di akhir aja.
EBI : Nah, wajar kayak penulis-penulis yang polos dan rajin membaca, biasanya kurang merhatiin EBI (aku dulu gitu). Wkwkwk. Hal yang cukup disayangkan dan bakal jadi sasaran empuk para EBI hunter. Penggunaan elipsis, partikel –pun dan kata depan di, ke. Juga penggunaan huruf kapital dan beberapa kata baku yang keliru.

Selain itu, aku juga nemu penggunaan kata ‘dengan’ yang kedengarannya agak rancu sehingga bisa menimbulkan kesalahan persepsi. Sebaiknya perhatikan lagi antara penggunaan dengan dan menggunakan. Kadang, ada beberapa kalimat yang kalau kita pakein kata ‘dengan’ kurang pas dan lebih cocok pake ‘menggunakan’.

Contoh : ‘Dia bicara denganku’, ‘Dia pergi dengan mobil’.

Dari dua kalimat itu, kelihatan kan bedanya?

Kalimat pertama jelas maksudnya. Nah, kalo kalimat kedua? Penggunaan kata ‘dengan’ di kalimat kedua bikin kalimatnya jadi rancu dan mengandung dua arti. Aku nemu di tulisan kamu beberapa penggunaan kata ‘dengan’ yang nggak pas. Coba diperhatikan lagi yaa….

Perhatikan kapan harus berganti paragraf. Setiap kali pergantian dialog, harus buat paragraf baru yaaa. Terus, jangan lupa pake tanda koma karena aku nemu beberapa kalimat yang nggak dipakein tanda baca dan itu bikin maksud kalimatnya jadi rancu.

Aku juga nemu typo beberapa. Dibaca lagi yaa….
GAYA BAHASA : Cocok banget bahasanya yang thinking banget sama POV 1-nya. Enak deh pokoknya diikuti. Cuma aku saranin, jangan menggerutu terlalu lama hingga nggak sadar beberapa gerutuan kadang diulang-ulang. Perhatikan juga penggunaan dialog tag yaa….
PENGGAMBARAN LATAR : Kurang detail sih. Tapi aku rasa masih pas dan cocok lah. Kamu pintar memadupadankan adegan sekaligus menggambarkan keadaan. Mungkin yang kurang latar tempat aja. Latar suasana, aku udah nggak komen deh.
KARAKTER TOKOH : Karakter tidak konsisten. Bener deh. Salah satu hal yang bikin aku drop dan nggak lanjut ke chapter selanjutnya yang utama karena karakter. Emosi-emosi tokoh nggak sinkron dengan keadaan.

Sifat Aland yang nyeleneh mungkin yah, masih wajar. Dia pengin dapet perhatian dari Alyssa. Itu masih bisa aku terima. Tapi pas si Lavie nongol, apalagi pas lagi ngobrol sama Alyssa di kamarnya, ada perubahan emosi yang drastis dari Lavie dan itu menurutku aneh.

Tiba-tiba Lavie yang awalnya ngeledekin Lyssa jadi kayak marah , lalu tiba-tiba ngeledek lagi. Hal ini akan jadi wajar kalo seandainya disajikan dengan narasi yang berbeda. Kalo kamu baca lagi, pasti nemu deh keanehan suasana yang tercipta antara mereka.

Alyssa yang pemarah sudah konsisten. Tapi aku sempet geleng-geleng kepala pas baca, dengan keabsurb-an sifatnya si Alyssa, dia masih juga bilang Cantika boleh main ke rumahnya asalkan nggak masuk kamarnya. Hehehe. Kalo dia udah beneran marah, kayaknya lebih pantes dia nggak sudi lagi ngbiarin anak itu ke rumahnya lagi, terus banting pintu! Beres deh!
ALUR, PLOT, KONFLIK : Aku benar-benar punya ekspektasi yang besar untuk novel ini pas baca chapter awal. Entah kenapa, pas baca chapter 2 dan lanjutannya, ekspektasiku perlahan mengikis. Aku dah mikir, wah, ini cerita kayaknya nggak anti-mainstream nih.

Oke, abaikan ocehanku kalo emang aku salah, dan karena aku belum baca lebih jauh. Tapi aku salut untuk penulis yang berani membuka cerita dengan cara berbeda. Karena aku bahkan rasanya udah enek sama teenfict yang dimulai dengan adegan bangun tidur dan telat ke sekolah.

So, kamu unik!
LOGIKA CERITA (PLOT HOLE) : Nggak banyak sih yang bikin aku bingung. Pertama, aku heran aja, dalam waktu sesingkat Alyssa naik tangga, masa sih yang dirusak Cantika banyak banget? Novel, pakaian, selimut, kasur, meja belajar, buku, tembok, gorden, jendela.

Cantika emang super hero ya? Kecepatannya mengagumkan sekali. Wkwkwk. Adegan ini agak berlebihan menurutku. Dan nggak mungkin juga anak kecil berantakin banyak barang hanya dalam waktu beberapa menit selama Alyssa naik tangga.

Sama satu lagi adegan pas guru di kelas ngenalin Aland dan bilang kalo Alyssa nolak Aland duduk di sampingnya, dia akan diskors? Wkwkwk. Segampang itukah memberi skors? 
KRITIK DAN SARAN : Hmmm…. Sebenernya cerita ini bagus. Maybe Cuma perlu perbaikan di beberapa sisi dan perhatian lebih di sisi teknis. Aku nggak bisa komen banyak karena nggak banyak juga yang bisa dikomenin. Kekekeke.
KESAN SETELAH MEMBACA :

Penasaran alasan kenapa Alyssa amnesia. Itu dibahas berkali-kali sama dia tapi aku belum ketemu part yang jelasin alasannya. Terus sama si Dave, kayaknya bakal nongol dan bikin masalah deh. Atau … jangan-jangan, Dave udah meninggal karena kecelakaan bareng Alyssa. Dave meninggal dan Alyssa amnesia. Who knows? Hehehe. Pokoknya itu alur yang bagus. Bikin penasaran.

===

Q & A

CHAPTER PALING MENGESANKAN? 

Chapter pertama.

TOKOH TERFAVORIT ?

Cantika. Huehehehe. Little devil brooo….

SATU KATA UNTUK KARYA INI?

Unique.

SATU KATA UNTUK PENULISNYA?

Great!

YANG PALING MEMBEKAS DI HATI SETELAH MEMBACA?

Kedevilan Cantika. Ngakak berat baca adegan dia sama Alyssa.

PESAN TERAKHIR REVIEW SINGKAT INI?

Keep writing thor! Salut deh, umur empat belas udah bisa nulis begini. Kalah aku. Hehehe.

Btw salam kenal. Maafkan keabsurban review receh ini. 
Salam seperjuangan,

Chitradyaries
P.S : Gambar yang latar putih bukan quotes. Itu beberapa hal yang menurut aku perlu dikoreksi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s